Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II

rtm2

www.pn-batulicin.go.id, BATULICIN - Senin (11/07/2017). Rapat Tinjauan Manajemen Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II yang berlangsung di ruang sidang utama Cakra Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II yang di ikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Wahyu Iman Santoso,S.H.,M.H, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Anteng Supriyo,S.H., M.H dan para pejabat Strukrural dan Fungsional beserta Staf Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II.

IMG 20170712 WA0009

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Wahyu Iman Santoso,S.H.,M.H ini membahas mengenai rencana kerja yang sudah dicapai dan yang akan datang, Termasuk juga membahas mengenai Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang diantara pokok pembahasan sebagai berikut :

1.    Hasil audit Internal

Dari hasil Audit Internal yang telah dilakukan dari masing-masing bagian unit kerja ditemukan ada beberapa ketidak sesuaian dengan system manajemen mutu namun setelah dilakukan pengarahan oleh Auditor Internal dan untuk segera diperbaiki auditee dapat segera memperbaiki dalam waktu yang telah ditentukan dan setelah dilakukan verifikasi Auditor Internal kemudian menutup temuan-temuan tersebut karena telah ada perbaikan.

2.    Umpan balik customer (survey kepuasan dan komplain)

Umpan balik dali pengguna Pengadilan Negeri Batulicin dari hasil survey adalah baik, dari hasil umpan balik customer inilah kita semua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II harus dapat mempertahankan dan terus selalu meningkatkan

3.    Kinerja proses dan kesesuaian jasa pelayanan

Kinerja proses dan kesesuaian jasa pelayanan SMM PN Batulicin Kelas II cukup memuaskan namun perlu terus ditingkatkan kinerjanya, agar unsur yang telah sangat baik (keberadaan gedung, perilaku petugas, dan kemudahan informasi) dapat mempertahankan atau meningkatkan kinerjanya, sementara unsur yang masih rendah nilainya dapat ditingkatkan dalam survey mendatang menjadi lebih baik, begitu juga unsur-unsur penilaian yang berada di nilai tengah (penanganan pengaduan, pendaftaran gugatan, keterbukaan informasi biaya pendaftaran, dan prosedur pelayanan) dapat lebih ditingkatkan lagi kinerjanya.

4.    Tingkat pencapaian sasaran mutu

Tingkat sasaran mutu ada beberapa Unit kerja yang belum dapat memenuhi capaian memuaskan dari sasaran mutu yang telah ditentukan dan dari inilah dapat dijadikan dasar dan bahan melakukan evaluasi kinerja untuk meningkatkan tingkat pencapaian sasaran mutu Pengadilan Negeri Batulicin yang pada akhirnya juga bermanfaat untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat

5.    Tindak lanjut dari hasil manajemen review sebelumnya

ada progres yang signifikan, dan harus terus ditingkatkan dimana manajemen review sebelumnya akan menjadi target pada tindak lanjut berikutnya. Sebagaiaman Hasil survey untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) ini dapat dijadikan dasar dan bahan melakukan evaluasi kinerja oleh semua pegawai di Pengadilan Negeri Batulicin, mulai dari staf pimpinan, Hakim, tenaga honorer hingga petugas kebersihan dan pada akhirnya juga bermanfaat untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Survey kepuasan masyarakat ini hendaknya dilakukan secara periodik satu tahun sekali dengan jumlah responden yang semakin banyak, agar lebih representatif mewakili penilaian masyarakat dan juga dapat mengukur perkembangan kinerja Pengadilan Negeri Batulicin.

6.    Perubahan yang mempengaruhi sistem manajemen mutu

Perubahan yang mempengaruhi sistem manajemen mutu harus dapat ditekan sekecil-kecilnya atau dihilangkan agar pelayanan masyarakat terpenuhi dan kepercayaan masyarakat terhadap peradilan khususnya Pengadilan Negeri Batulicin akan meningkat dan tak disangsikan lagi dan tantangan-tantangan di Pengadilan Negeri Batulicin yang akan dihadapi dan harus dipikirkan cara terbaik untuk tetap dapat melakukan perbaikan sebagaimana yang diharapkan

7.    Rekomendasi untuk perbaikan.

Rekomendasi untuk perbaikan adalah kita semua seluruh warga besar Pengadilan Negeri Batulicin untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna sebagaiman moto kita ‘SUPER “Santun,Unggul,Profesional,Energik,Ramah” untuk mewujudkan penerapan SMM Pengadilan Negeri Batulicin yang excellent. Secara umum cukup banyak masukan atau rekomendasi dari pengguna Pengadilan Negeri Batulicin sebagai berikut:

1.    Agar syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis   pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif bisa lebih dipermudah lagi sehingga para pengguna pengadilan lebih terbantu;

2.    Agar disediakan Kipas Angin dititik tertentu supaya masyarakat yang datang bisa nyaman.

3.    Agar disediakan minuman (Galon) untuk Para Terdakwa dan Pengunjung.

4.    Agar disediakan media bacaan untuk pengunjung agar tidak bosan menunggu antrian sidang Pengadilan Negeri Batulicin.

5.    Agar disediakan televisi diruang tunggu/lobby untuk pengunjung Pengadilan Negeri Batulicin agar tidak bosan menungu.

6.    Agar tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan dapat lebih diperbaiki sehingga prosedur pelayanan bisa menjadi lebih baik lagi;

7.    Agar jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan bisa lebih dipercepat lagi dari sebelumnya;

8.    Agar pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman para pelaksana pelayanan di Pengadilan Negeri Batulicin lebih ditingkatkan lagi sehingga bisa dirasakan sangat mampu melayani para pengguna layanan Pengadilan;

9.    Agar penanganan pengaduan, saran dan masukan, tindak lanjutnya lebih ditingkatkan lagi.

IMG 20170712 090633

IMG 20170712 085834

 

Berdasarkan pelaksanaan Audit Internal (dengan Materi: SOP, produk serta lingkungan), dapat disimpulkan secara singkat bahwa pada pokoknya masing-masing bagian telah berorientasi pada proses pemenuhan sasaran mutu yang sudah ditetapkan dan melengkapi standar sistem manajemen mutu pelayanan Pengadilan Negeri Batulicin secara lengkap dan menyeluruh sedangkan dari hasil Audit Internal ditemukan adanya ketidaksesuaian yang bersifat Minor dan dari hasil Verifikasi ketidaksesuaian tersebut telah dilengkapi dan dipenuhi maka temuan ketidaksesuain dapat dinyatakan ditutup.

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Anteng Supriyo,S.H., M.H juga menambahkan beberapa pengarahan yang ada kaitanya dengan hasil audit internal tersebut.

Sebelum rapat ditutup, Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Wahyu Iman Santoso, mengharapkan supaya seluruh personil Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II untuk saling mendukung dan bekerjasama. Hal ini semua untuk kemajuan pelayanan Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II. Semoga Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II selalu diberi kelancaran dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pelayanan masyarakat pencari keadilan di Bumi Bersujud. 

Umpan balik dari pengguna Pengadilan Negeri Batulicin dari hasil survey adalah baik, dari hasil umpan balik customer inilah kita semua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II harus dapat mempertahankan dan terus selalu meningkatkan

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech